Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Anthurium Dan Ciri-Cirinya Lengkap Dengan Gambarnya!!

Jenis jenis Anthurium dan ciri cirinya berikut ini sangat direkomendasikan untuk diketahui oleh para pecinta tanaman hias. Pasalnya, tanaman hias yang satu ini sangat booming antara tahun 2007 - 2008 silam.

Hingga sekarang, tanaman hias ini sangat diminati oleh para pecinta tanaman hias di Indonesia. Sehingga tidak terlalu mengherankan jika beberapa jenis tanaman hias berdaun lebar ini memiliki harga yang sangat fantastik.

Bahkan kabarnya, ada jenis Anthurium yang mencapai harga jutaan hingga puluhan juta rupiah. Lantas, apa saja jenis jenis Anthurium dan ciri cirinya? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: 12+ Jenis Tanaman Syngonium (Dari Yang Terlangka Hingga Yang Tercantik)

Jenis Jenis Anthurium Dan Ciri Cirinya Lengkap Dengan Gambarnya

1. Anthurium Andraeanum

Jenis Jenis Anthurium Dan Ciri Cirinya
Anthurium Andraeanum
Anthurium Andraeanum merupakan salah satu dari jenis jenis Anthurium dan ciri cirinya adalah mempunyai daun berbentuk hati yang tumbuh hingga satu kaki.

Tanaman hias ini juga bisa dibedakan dengan ujung bunganya yang berbentuk lurus. Karena bentuknya inilah, sehingga tanaman ini sering disebut sebagai " Bunga Flamingo ".

Selain " Bunga Flamingo " tanaman hias yang berasal dari kawasan negara Ekuador dan Kolombia ini juga sering disebut sebagai " Laceleaf ", dan " Tailflower ".

Selain sebagai tanaman hias, tamanan yang satu ini juga dipercaya bisa menghilangkan polusi udara. Dan harganya umumnya berkisar antara Rp 60.000 - Rp 100.000.

2. Anthurium Crystallinum / Anthurium Kuping Gajah

Jenis Jenis Anthurium Dan Ciri Cirinya
Anthurium Crystallinum
Anthurium Crystallinum juga merupakan salah satu dari jenis jenis Anthurium dan ciri cirinya adalah memiliki daun yang lebar berbentuk oval dengan urat-urat putih menonjol.

Tanaman hias ini aslinya berasal dari hutan hujan di negara-negara Amerika Tengah dan Amerika Selatan, dan dapat tumbuh hingga 90 cm.

Di Indonesia sendiri, tamanan hias yang satu ini sering disebut sebagai " Tanaman Kuping Gajah " karena bentuk daunnya yang lebar, dan jatuh kebawah.

Untuk harganya, Anthurium Crystallinum atau Anthurium Kuping Gajah ini berkisar antara Rp 100.000 - Rp 500.000.

3. Anthurium Jenmanii

Jenis Jenis Anthurium Dan Ciri Cirinya
Anthurium Jenmanii
Diantara banyaknya jenis Anthurium, jenis Anthurium Jenmanii ini merupakan salah satu yang paling banyak dicari oleh para pecinta tanaman hias.

Hal tersebut dikarenakan penampilan daunnya terkesan kokoh, elegan, dan berwibawa. Sehingga tidak heran jika harga jualnya relatif lebih mahal dibandingkan jenis Anthurium lainnya.

Disamping itu, jenis Anthurium yang satu ini juga mempunyai beberapa varian seperti Anthurium Jenmanii kol, kulit jeruk, centong, sendok, king kobra, dan lainnya.

Dan kabarnya, Anthurium Jenmanii King Kobra adalah yang termahal dengan harga bisa mencapai 5 jutaan.

4. Anthurium Hookeri

Jenis Jenis Anthurium Dan Ciri Cirinya
Anthurium Hookeri
Jenis Anthurium yang berasal dari Guyana (Afrika Selatan) ini dikenal juga dengan nama " Anthurium Sarang Burung (Bird’s Nest) ".

Ciri-ciri Anthurium Hookeri ini mempunyai daun berbentuk lanset tegak lurus keatas, pinggiran daun sedikit bergelombang dengan urat menonjol.

Dan gagang daunnya berukuran tidak terlalu panjang, tangkai daunnya pendek, tebal, kaku, dan berwarna sedikit gelap.

Anthurium Hookeri adalah salah satu tanaman hias yang bisa tumbuh dengan baik dalam wadah besar, maupun sebagai tanaman teras.

5. Anthurium Superbum

Jenis Jenis Anthurium Dan Ciri Cirinya
Anthurium Superbum
Kalau jenis Anthurium yang ini tergolong tanaman langka karena spesiesnya tidak bisa diadopsi secara sembarangan oleh berbagai negara.

Sehingga tidak heran jika harga bibit Anthurium Superbum ini sangat mahal yaitu berkisar sekitar Rp 2,5 juta/tanaman.

Tanaman hias yang berasal dari hutan berdataran rendah dan lembab ini bisa tumbuh dengan baik di kawasan tropis maupun subtropis.

Dan salah satu daya tarik yang menjadikan tanaman hias ini " cukup " banyak diminati yaitu daunnya yang runcing lebar.

Jenis Anthurium Superbum mempunya dua varian, yaitu Anthurium Neosuperbum dan Anthurium Superbum Klasik.

6. Anthurium Corong

Jenis Jenis Anthurium Dan Ciri Cirinya
Anthurium Corong
Dinamakan " Anthurium Corong " karena kalau daunnya tertekuk keatas, maka bentuk daunnya menyerupai atau mirip corong.

Bentuk daunnya yang menyerupai corong inilah yang membuat tanaman hias ini sangat diminati oleh para pecinta tanaman hias.

Terdapat beberapa varian dari jenis Anthurium Corong, di antaranya adalah Anthurium Garuda Corong, Anthurium Corong Varigata, Anthurium Corong Besar, dan Anthurium Corong Hitam.

7. Anthurium Keris / Anthurium Crispimarginatum

Sesuai dengan namanya " Anthurium Keris " ini memiliki daun bergelombang memanjang yang membuat bentuknya menyerupai keris.

Semakin kecil daunnya, maka jenis tanaman hias ini dianggap semakin berkualitas, dan harga jualnya juga akan semakin mahal.

Terdapat beberapa varian Anthurium Keris (Anthurium Crispimarginatum) ini seperti Anthurium Keris Hitam, Anthurium Keris Merah, Anthurium Keris Tanduk, dan lainnya.

8. Gelombang Cinta / Anthurium Plowmanii

Jenis Jenis Anthurium Dan Ciri Cirinya
Anthurium Plowmanii
Jika kita menyebut tanaman hias ini dengan nama " Anthurium Plowmanii " mungkin ada sebagian para pecinta tanaman hias yang bingung.

Namun berbeda jika menyebutnya dengan nama " Gelombang Cinta " pasti sebagian besar dari para pecinta tanaman hias mengetahui tanaman ini.

Ya! Anthurium Plowmanii (Gelombang Cinta) juga merupakan salah satu dari jenis jenis Anthurium dan ciri cirinya adalah mempunyai daun lebar, daunnya berurat, dan bergelombang.

Jenis ini adalah salah satu jenis Anthurium yang sering ditemukan di pekarangan rumah di Indonesia. Harganya berkisar antara Rp 80.000 hingga Rp 8 juta.

9. Anthurium Pedatoradiatum Variegated

Tanaman hias yang bernama " Anthurium Pedatoradiatum Variegated " ini sedang populer beberapa tahun terakhir ini.

Hal ini dikarenakan keunikan dari bentuk daunnya yang menyerupai jari-jari, berwarna hijau muda, dan memiliki guratan tulang pada daunnya.

Untuk harganya sendiri, Anthurium Pedatoradiatum Variegated dibanderol dikisaran Rp 200.000-an untuk anakannya.

10. Anthurium Regale x Magnificum

Anthurium Regale x Magnificum adalah salah satu jenis Anthurium yang dianggap ekslusif, karena harganya bisa mencapai Rp 1 juta untuk anakannya.

Tanaman yang berasal dari negara Kolombia ini mempunyai ukuran daun yang sangat besar, sehingga terlihat lebih eksotis, dan menawan.

Warna daunnya yang sangat hijau dengan guratan tulang berwarna putih menjadi alasan utama kenapa banyak para pecinta tanaman hias menyukai tanaman ini.

11. Anthurium Sirih / Anthurium Radicans

Anthurium Radicans mempunyai bentuk daun yang mirip dengan daun sirih, itulah alasan kenapa tanaman ini sering juga disebut " Anthurium Sirih ".

Hanya saja, ukuran daunnya lebih besar dibandingkan daun sirih, dan urat daunnya berpusat di pangkal daunnya (ujung tangkai).

Terdapat beberapa varian Anthurium Radicans (Anthurium Sirih) di antaranya adalah Anthurium Sirih Merah, Anthurium Sirih Keratin, dan lainnya.

Anthurium Radicans (Anthurium Sirih) memiliki pengemar tersendiri walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak dipasaran dibandingkan jenis Anthurium lainnya.

12. Anthurium Twister

Anthurium Twister adalah salah satu jenis jenis Anthurium dan ciri cirinya adalah mempunyai daun yang terpelintir mirip seperti disapu angin tornado.

Keunikan daunnya yang terpelintir seperti disapu angin tornado ini terjadi disebabkan mutasi alam yang terjadi secara alami.

13. Anthurium Veitchii

Jenis Jenis Anthurium Dan Ciri Cirinya
Anthurium Veitchii
Dilihat sekilas, Anthurium Veitchii ini mirip dengan Anthurium Radicans (Anthurium Sirih) daun berbentuk jantung sedikit memanjang.

Yang membedakannya dengan Anthurium Radicans (Anthurium Sirih) adalah urat daunnya yang mengarah kesamping, dan menyambung ke ujung daun.

Ada beberapa varian Anthurium Veitchii di antaranya adalah Anthurium Veitchii King, Anthurium Veitchii Black, Anthurium Veitchii Mini, dan lainnya.

14. Anthurium Dasi / Anthurium Vitariifolium

Selain Anthurium Twister, ada satu jenis Anthurium lagi yang mempunyai bentuk daun yang unik, yaitu Anthurium Vitariifolium.

Bentuk daunnya kecil, memanjang, dan menjuntai mirip seperti sebuah dasi, sehingga tanaman hias ini sering disebut dengan nama " Anthurium Dasi ".

Untuk lebih memperlihatkan keunikannya tersebut, sangat disarankan menanam tanaman hias ini di dalam pot gantung.

15. Anthurium Butterfly

Sebenarnya bentuk dasar daunnya seperti jantung. Hanya saja, ujung daunnya berbentuk lancip di sebelah kanan dan kiri.

Sehingga jika dilihat dari atas maka mirip seperti kupu-kupu. Itulah alasan utama kenapa tanaman ini dinamakan " Anthurium Butterfly ".

16. Anthurium Macrolobium

Daya tarik utama dari tanaman ini terletak pada daunnya yang berbentuk hati memanjang, dan berwarna hijau dengan bagian tepi berlekuk. 

Hanya saja, tanaman yang bisa mencapi tinggi sekitar 1 meter ini kurang diminati dipasaran, sehingga harga jual juga sangat rendah.

17. Anthurium Podophyllum

Jenis Jenis Anthurium Dan Ciri Cirinya
Anthurium Podophyllum
Anthurium Podophyllum adalah salah satu jenis jenis Anthurium dan ciri cirinya adalah memiliki lembaran daun yang kecil dan panjang.

Lembaran daunnya seperti menjari dalam jumlah yang banyak, bentuknya juga lancip, dan berukuran kecil-kecil.

Jika dalam kondisi prima, dan jumlah daunnya banyak, serta merata disemua sisinya, maka tanaman hias ini terlihat lebih eksotis.

18. Anthurium Monenii / Anthurium Tiga Penjuru Angin

Anthurium Monenii juga merupakan salah satu jenis jenis Anthurium yang ekslusif, dan ciri cirinya adalah memiliki 3 buah daun dalam satu tangkainya.

Karena memiliki 3 buah daun dalam setiap tangkainya inilah yang membuat jenis Anthurium ini sering disebut dengan nama " Anthurium Tiga Penjuru Angin ".

19. Anthurium Scherzerianum

Jenis Jenis Anthurium Dan Ciri Cirinya
Anthurium Scherzerianum
Dilihat sekilas, Anthurium Scherzerianum ini mirip dengan Anthurium Andraeanum, khususnya pada bunganya.

Hanya saja, seludang bunga pada Anthurium Scherzerianum ini berbentuk keriting mirip seperti ekor babi dengan warna orange.

20. Anthurium Ferrierense

Jenis Jenis Anthurium Dan Ciri Cirinya
Anthurium Ferrierense
Daya tarik dari jenis jenis Anthurium ini terletak pada bunganya dan ciri cirinya adalah memiliki bunga berbentuk lonjong yang dibalut oleh seludang bunga berwarna merah.

Bentuk bunganya memang sederhana saja, namun disitulah letak keistimewaannya. Disamping itu, tanaman ini juga mempunyai daun yang berwarna hijau cerah.

BACA JUGA: 5+ Jenis Pohon Bidara Dan Manfaatnya Lengkap Dengan Gambarnya!!

Penutup

Nah, itulah jenis jenis Anthurium dan ciri cirinya yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk menambah koleksi tanaman hias di rumah.

Dengan daun yang mewah, dan bisa bertahan lama membuat tanaman hias jenis Anthurium ini layak dipertimbangkan untuk dijadikan koleksi.

Jadi tidak heran jika di masa lalu, tanaman ini banyak dijadikan sebagai penghias taman istana pada masa kerajaan-kerajaan di Pulau Jawa.