Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Jenis Pohon Bidara Dan Manfaatnya Lengkap Dengan Gambarnya!!

Jenis pohon bidara dan mamfaatnya berikut ini sangat wajib untuk diketahui, khususnya bagi para pecinta tanaman herbal. Pasalnya, tanaman bidara dikenal sebagai salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak mamfaat.

Tanaman Bidara sendiri terbagi menjadi beberapa jenis seperti Bidara Sidr, Bidara Cina, dan Bidara Laut. Selain itu, ada juga Bidara Upas, dan Putsa yang juga mempunyai sejumlah khasiat dan banyak mamfaat.

Makanya, sangat disayangkan bagi para pecinta tanaman herbal tidak mengetahui apa saja jenis pohon Bidara, dan apa saja mamfaat serta kegunannya. Berikut penjelasannya lengkap dengan gambarnya.

BACA JUGA: 12+ Jenis Tanaman Syngonium (Dari Yang Terlangka Hingga Yang Tercantik)

Jenis Pohon Bidara Dan Manfaatnya Lengkap Dengan Gambarnya!!

#1. Bidara Sidr / Bidara Arab

Jenis Pohon Bidara
Bidara Sidr / Bidara Arab
Bidara Sidr merupakan salah satu jenis pohon Bidara yang saat ini banyak dicari oleh orang-orang di berbagai negara, termasuk juga di Indonesia. 

Karena daun tanaman ini bisa dimamfaatkan sebagai media untuk ruqiah dari ganggu jin, sihir, dan sejenisnya.

Selain daunnya yang memiliki banyak mamfaat, tanaman yang satu ini juga memiliki buat yang bisa diolah menjadi minuman segar dan menyehatkan bagi tubuh.

Tanaman ini sendiri berasal dari arab, makanya terkadang banyak orang menyebut tanaman ini sebagai " Bidara Arab ".

Biasanya, tanaman ini bisa tumbuh di daerah yang kering seperti di negara-negara arab dan beberapa negara asia barat.

Namun dalam perkembangannya, saat ini sudah banyak yang orang di luar negara arab dan asia barat yang membudidayakan, dan menjual bibit tanaman ini.

Bahkan sekarang ini sudah ada beberapa perusahaan yang mengolah daun Bidara Sidr menjadi sabun kecantikan.

#2. Bidara Cina

Jenis Pohon Bidara
Bidara Cina
Jenis pohon Bidara yang satu ini dinamakan " Bidara Cina " karena tanaman ini banyak dibudidayakan dikawasan china, khususnya di china bagian utara.

Tanaman yang bernama latin " Ziziphus Zizyphus " atau terkadang disebut juga " Ziziphus Jujuba " ini adalah salah satu jenis pohon berdaun rindang.

Buahnya mirip seperti buah apel ketika masih muda. Namun ketika buahnya sudah matang akan berubah warna menjadi cokelat kehitam-hitaman bertekstur keriput.

#3. Bidara Laut

Jenis Pohon Bidara
Bidara Laut
Sesuai dengan namanya, habitat dari jenis tanaman ini adalah di hutan-hutan yang lokasinya dekat dengan pantai dan laut.

Tanaman dengan nama latin " Strychnos Lucida " ini bisa ditemukan di beberapa kawasan Indonesia dengan nama berbeda-beda.

Misalnya di Pulau Sumatera dan sekitarnya, Bidara Laut lebih dikenal dengan nama Bidara Pahit, Bidara Putih, dan Kayu Ular.

Di Pulau Jawa dan sekitarnya lebih mengenal tanaman yang satu ini dengan nama Dara Gunung, dan Dara Putih. Dan di Pulau Madura lebih dikenal dengan nama Songga dan Buin.

Sedangkan orang bugis di Pulau Sulawesi dan sekitarnya lebih mengenal Bidara Laut dengan nama Aju Mapai atau Bidara Mapai.

Umumnya, kebanyakan orang mengolah daun Bidara Laut ini dengan cara direbus untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Seperti penyakit rematik, sariawan, berbagai jenis penyakit kulit, demam, malaria, pencuci darah alami, dan lain sebagainya.

#4. Bidara Upas

Jenis Pohon Bidara
Bidara Upas
Berdasarkan definisinya, tanaman yang satu ini memang sedikit berbeda dibandingkan beberapa jenis pohon bidara lainnya. 

Dimana diketahui, Bidara Upas didefinisikan sebagai jenis tanaman yang merambat. Disamping itu, batangnya juga tidak berduri.

Sangat berbeda dengan Bidara-Bidara lainnya yang umumnya mempunyai banyak duri dibagian batang dan ranting-rantingnya.

Umumnya, daun dan umbinya banyak dimamfaatkan orang untuk mengobai berbagai jenis penyakit seperti kencing batu, diabetes, syphilis, dan lain sebagainya.

Tumbuhan ini biasanya banyak ditemukan di kawasan Indochina dan beberapa negara asia tenggara seperti Indonesia, Malaysia dan Filipina.

#5. Putsa

Jenis Pohon Bidara
Putsa
Kalau tanaman yang satu ini bukanlah termasuk dalam keluarga pohon Bidara (Rhamnaceae). Tapi masuk ke dalam keluarga pohon apel.

Bukan hanya itu saja, buahnya juga sangat mirip dengan buah apel pada umumnya dengan rasa manis tanpa asam. Batang pohonnya juga tidak berduri.

Makanya banyak orang menyebut tanaman ini dengan sebutan " Apel India ". Hanya saja, daunnya sangat mirip sekali dengan daun bidara.

Bahkan karena saking miripnya, banyak orang yang kesulitan membedakan antara daun Putsa (Apel India) dengan daun bidara asli.

Penutup

Pada dasarnya, setiap jenis pohon bidara ini mempunyai mamfaat dan khasiat yang sama, hanya saja " mungkin " cara olah dan penggunaannya berbeda.

Dan semoga sedikit ulasan tentang jenis pohon bidara dan mamfaatnya ini bisa bermamfaat bagi pembaca blog ini. Terima kasih!!